Home Teknologi Satelit India Berhasil Mendarat di Orbit Mars

Satelit India Berhasil Mendarat di Orbit Mars

574
0
SHARE

New Delhi – India akhirnya berhasil mendaratkan satelit Mars Orbiter Mission (MOM) ke orbit Mars pada percobaan pertama. Keberhasilan ini akan menjadi penyelidikan antariksa pertama bagi negara itu dan membuat kemajuan teknologi satelit India setara dengan Amerika Serikat, Rusia, dan Eropa.

MOM tiba di orbit Mars setelah diluncurkan pada 5 November 2013 oleh Indian Space Research Organisation dari stasiun antariksa di Sriharikota di Teluk Benggala. Mesin berkapasitas 24 menit membantu memperlambat MOM agar turun dengan kecepatan yang cukup untuk ditangkap oleh gravitasi Mars.

“Misi ini sebenarnya hampir mustahil, tapi ternyata bisa berhasil. Dari 51 misi yang dilakukan, hanya 21 yang berhasil, termasuk India. Ini adalah kemenangan besar bagi India,” ujar Perdana Menteri Narendra Modi, seperti dilaporkan BBC News, Rabu, 24 September 2014.

Memang, hanya Amerika Serikat, Eropa, dan Rusia yang melakukan misi ke Mars. Setalit AS terbaru, Maven, juga telah tiba di Mars pada Senin lalu.

India telah menghabiskan anggaran hingga US$ 74 juta atau sekitar Rp 886 miliar untuk melakukan misi ini. Dengan dana tersebut, India menjadi salah satu negara dengan biaya misi antariksa termurah yang pernah ada.

Setelah tiba di Mars, MOM bertugas mengambil gambar planet dan mempelajari atmosfernya. MOM juga digunakan untuk mendeteksi metana, yang merupakan indikator aktivitas biologis di Mars sebagai tanda-tanda kehidupan. MOM akan menggunakan lima alat untuk melakukan pemetaan Mars, yaitu dengan kamera warna, sensor metana, dan spektrometer thermal imaging.

Sumber: Tempo.co | Satelit India Berhasil Mendarat di Orbit Mars

LEAVE A REPLY

3 × 4 =