Home Teknologi Robot Robot Tercanggih Di Dunia Saat Ini

Robot Tercanggih Di Dunia Saat Ini

3519
0
SHARE

Robot Tercanggih Di Dunia Saat Ini – Sudah banyak robot-robot canggih yang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Robot tercanggih bisa dilihat dari kemampuannya dalam melakukan pekerjaan tanpa harus dikontrol oleh manusia. Dan berikut beberapa robot-robot canggih tersebut.

Robot ASIMO

Robot ASIMO

Asimo berwujud seperti astronot dengan tinggi dan berat 130 cm/54 kg. Asimo yang diciptakan oleh Honda Motor Co ini memiliki kemampuan untuk berjalan dan bahkan lari. Robot yang memiliki sumber daya dari baterai ion ini mampu dikontrol dengan komputer nirkabel serta menerima perintah suara. Tak seperti robot lainya yang memiliki gerakan kaku, gerakan asimo lebih Halus sehingga mampu difungsikan untuk beragam pekerjaan.

Baca Juga :  Mahasiswa IPB Buat Robot Pemantau Terumbu

Robot T-52 ENRYU

Robot T-52 ENRYU

Sebuah robot bertinggi 3,3 meter yang diciptakan Jepang untuk keperluan penyelamatan. ENRYU yang berarti naga diciptakan pertama kali pada tahun 2004 untuk mendampingi proses evakuasi korban gempa dan bencana yang terjadi di Jepang. Robot ini memiliki lengan yang mampu mengangkat 500 kg benda. Pada tahun 2007, diciptakan versi yang lebih baru dari robot ini, disebut T-53, untuk misi penyelamatan korban gempa di Nigata, Jepang.

Baca Juga :  Kuratas: Inilah Robot Tempur Canggih Buatan Jepang

Robot Roomba

Robot Roomba

Robot yang diproduksi oleh iROBOT ini mampu mebersihkan rumah tanpa diperintah. Dijual dengan harga 200-500 dollar AS, robot yang diperkirakan telah dipakai oleh 2 juta rumah di dunia ini mampu membersihkan perabot rumah, lantai, tangga, dan karpet. Setiap menyentuh barang yang terbuat dari bahan berbeda, robot ini akan menyesuaikannya sehingga proses pembersihan tak merusak barang. iROBOT sendiri didirikan oleh sekolmpok orang yang menamakan dirinya “geeks” dari Massachusets Institute of Technology (MIT).

Robot Spirit dan Opportunity

Robot Spirit dan Opportunity

Spirit dan Opportunity sebenarnya adalah proyek NASA untuk mengeksplorasi tanda-tanda keberadaan air dan kehidupan di Mars pada masa lalu. Setiap harinya, robot kembar ini menerima satu set instruksi yang berbeda. Telah menempuh jarak yang sangat jauh, hingga kini Spirit dan Opprtunity berhasil mengirimkan 132.000 gambar yang mampu meyakinkan para ilmuwan tentang adanya air di planet Mars.

Baca Juga :  Guru Robot Android Mengajar Murid SD di Jepang

Robot Da Vinci Surgical System

Robot Da Vinci Surgical System

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1999, robot ini telah mengubah wajah ruang operasi di banyak belahan dunia. Da Vinci Surgical system dan Teknologi EndoWrist telah membuat banyak dokter bedah yang semula harus berdiri di depan pasien untuk mengoperasi menjadi duduk di kursi nyaman dan hanya bekerja mengendalikan si robot. Robot ini dilengkapi dengan instrumen mikro, mampu menirukan gerakan tangan dan mengoperasi dengan lebih cermat, bahkan bisa untuk melaklukan operasi kanker.

Robot Audio Animatronics

Robot Audio Animatronics

Jenis robot ini diproduksi pertama kali pada tahun 1963 dalam bentuk burung di Disneyland’s Enchanted Tiki Room. Tahun selanjutnya, jenis robot ini juga dipamerkan di New York world’s fair. Robot yang disebut terakhir ini mampu memesona pengunjung dengan membuat 57 jenis gerakan.

Robot Unimate

Robot Unimate

Diciptakan pada tahun 1961 oleh General Motor untuk memudahkan beberapa pekerjaan pabrik. Dua pembuat robot yang beratnya mencapai 1800 kg ini terinspirasi oleh salah satu film sains fiksi pada waktu itu. Penciptaan robot ini memicu debut pembuatan PUMA (Programmable Universal Machine for Assembly) pada tahun 1978 yang merupakan peralatan robot standard yang digunakan di industri saat ini.

Robot Maillardet’s Automation

Robot Maillardet's Automaton

Robot yang bisa menulis dan menggambar gambaran yang cukup kompleks, itulah Maillardet’s Automaton. Dipamerkan di Institut Franklin di Philadelphia, robot ini dibuat oleh mekanik dan pembuat jam dari Swiss bernama Henri Maillardet pada awal 1800-an. Robot ini mampu menuliskan puisi dalam dua bahasa dan menggambar gambaran yang cukup kompleks. Pastinya, puisi dan gambaran yang bisa dilakukan adalah yang sudah tersimpan dalam memori yang disisipkan.

Robot Penjinak Bom

Robot Penjinak Bom

Mini Andros II, sebuah robot penjinak bom melepaskan ‘bom’ dari ujung mobil dalam demo untuk wartawan di Miami. The federal Bureau of Alcohol, Tobacco, Firearms and Explosives menunjukkan bagaimana robot melepaskan dan mejinakan bahan peledak dengan aman

Robot Harbutim

Robot Harbutim

Militer Zionis Israel kini sedang mengembangkan robot bersenjata dan bisa membantu pasukan tempur Israel sialan. Bahkan robot ini diharapkan mampu berbicara dalam bahasa Arab untuk bernegosiasi dengan orang-orang bersenjata dan melaksanakan aksi bunuh diri, jika perlu. Di samping itu robot ini diharapkan bisa mengirimkan gambar real time dari pertempuran secara langsung dan segera, tanpa harus memasukkan personil militer untuk untuk menjelajahi lokasi peperangan. Robot ini dilengkapi dengan senjata mesin seukuran senapan M16, dan dapat berbuat lebih banyak untuk memberikan informasi intelijen kepada militer Israel sialan.

Robot Pemain Biola

violin-robot-biola

Toyota Motor Corp. menciptakan robot yang bisa memainkan “Pomp and Circumstance” dengan mahir dengan biola. Robot setinggi 152 cm bewarna putih ini punya jari mekanis untuk menekan senar secara benar dan bisa mengkoordinasikan gerakan.

Robot NASA 

Robonaut-2-R2

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, akan mendapatkan awak baru di luar angkasa. Astronot baru NASA ini unik, karena dia bukan manusia, tapi robot yang menyerupai manusia. Robot ini akan dikirim ke luar angkasa tahun ini. Astronot robot bernama Robonaut 2 atau R2 akan menjadi penghuni tetap stasiun luar angkasa internasional. Astronot robot ini merupakan proyek kerjasama antara NASA dengan General Motors (GM)– perusahaan mobil asal Amerika Serikat.

Baca Juga :  Kuratas: Inilah Robot Tempur Canggih Buatan Jepang

Care-O-Bot III

Care-O-Bot III

Robot Care-O-Bot III membawa segelas air dari dapur di Frauenhofer institute di Stuttgart. Care-O-Bot III adalah robot generasi ketiga yang dikembangkan selama 12 tahun, yang akan merawat di panti jompo di masa depan.

Robot MotoMan

Japan Cooking Robot

Robot MotoMan SDA1 dari perusahaan Yaskawa Electric, Jepang adalah robot yang juga bisa memasak makananan yang digemari di Jepang yaitu Okonomiyaki (mungkin di Indonesia mirip dengan martabak telor). Sebenarnya robot ini sendiri diciptakan untuk merakit kamera digital disposable tetapi ternyata robot ini juga pintar untuk membuat okonomiyaki. Robot ini mempunyai tinggi 135cm dan berat 220 kg mempunyai 2 tangan yang cukup panjang sehingga mempunyai jangkauan yang luas. Seberapa hebatnya robot ini?? Lihat saja video berikut ini dimana sang robot dengan cekatannya merakit (assemble) kamera digital.

Robot Pengajar

Robot Pengajar

Murid Kudan Elementary School menyentuh pipi guru robot Saya setelah kelas khusus di Tokyo, Japan. Tidak seperti robot mekanis, robot guru yang dikembangkan oleh profesor Tokyo University of Science, Hiroshi Kobayashi,ini bisa mengekspresikan enam emosi: terkejut, takut, jijik, marah, gembira dan sedih. Kulit karetnya bisa ditarik dengan menggunakan mesin dan kabel di sekitar mata dan mulut. Saya dikontrol dengan remote control oleh manusia yang mengamati interaksi lewat kamera, memanggil nama anak-anak, bicara dengan mereka lewat kata-kata yang telah diprogram dan memberi kuliah tentang robot. (AP Photo/Koji Sasahara).

Baca Juga :  Guru Robot Android Mengajar Murid SD di Jepang

Robot Tai Chi

Robot Tai Chi

Pemandu museum menirukan Nau, robot yang memeragakan latihan Tai Chi di Robotic World exhibition di Madatech, Israel National Museum of Science

Robot YURINA

Robot YURINA

Robot YURINA membawa seorang pria dalam sebuah demo dalam ROBOTECH, sebuah pameran untuk robot jasa, di Tokyo. YURINA adalah mesin untuk memindahkan orang jompo atau yang kesulitan bergerak dari dan ke bangku atau ranjang.

Robot EMA

Robot EMA

EMA (Eternal Maiden Actualization), sebuah robot interaktif dengan tubuh feminin dan gerakan gemulai, dipamerkan oleh Sega Corp. di acara Tokyo Toy Show 2008 di Tokyo. Dengan sensor di kepala, tangan, lengan dan kaki, EMA bereaksi saat disentuh, dengan bernyanyi, berdansa, dan memberi kontak dengan cara ala wanita

Sumber: http://bangsemin.blogspot.com/2014/02/inilah-robot-robot-tercanggih-di-dunia.html


LEAVE A REPLY

16 + sixteen =