Home Internet Ransomware, virus PC yang bisa bunuh manusia

Ransomware, virus PC yang bisa bunuh manusia

1415
0
SHARE

Virus kini tidak hanya bisa ‘membunuh’ gadget mobile atau komputer di rumah Anda. Virus jenis baru bernama ransomware diklaim bakal membawa kerugian sebenarnya bagi pengguna internet.

Menurut pakar keamanan internet, Bogdan Botezatu, ransomware adalah ancaman terbesar yang menyerang konsumen internet global. Hal ini cukup ironis, sebab senjata utama dari virus ini adalah enkripsi atau teknologi yang awalnya dibuat untuk melindungi data konsumen.

“Cukup ironis melihat teknologi enkripsi yang diciptakan untuk membuat kita aman justru dipakai untuk menyerang kita,” ujar Bogdan, Techradar, (17/03).

Virus berbasis enkripsi tersebut bila menyerang gadget tidak hanya melumpuhkannya tetapi juga menguncinya. Nah, untuk membuka ‘gembok’ yang menutup akses ke gadget itulah biasanya hacker yang mengirim ransomware akan meminta tebusan.

“Bila para hacker itu tidak masuk penjara terlebih dulu, hampir semua hacker pengirim ransomware akan meminta tebusan uang atau Bitcoin,” lanjut Bogdan.

Bogdan menjelaskan bila setiap harinya ada 2000 ransomware baru yang dibuat oleh hacker. Celakanya, setiap ransomware diklaim unik dan berbeda satu sama lain. Alhasil, upaya pemberantasan virus ini lebih sulit dari jenis virus lain.

Untuk melindungi gadget dan PC dari serangan ransomware, Bogdan menyarankan pengguna selalu menginstal antivirus di smartphone, tablet, hingga laptop.

Bila hal itu terlambat dilakukan, hal buruk seperti kematian pun bisa mengintai. Bogdan mengatakan bila hingga saat ini sudah ada tiga orang yang meninggal akibat ransomware. Ketiganya dicurigai bunuh diri ketimbang menyerah pada tuntutan hacker. (Merdeka)


LEAVE A REPLY

four × three =