Home Cyber Attack Malu Situsnya Diretas, Project KlasemenJKT48 Gulung Tikar

Malu Situsnya Diretas, Project KlasemenJKT48 Gulung Tikar

2867
0
SHARE

Situs KlasemenJKT48 yang beralamat klasemenjkt48.com telah di-deface oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan JKT48 Cyber Team pada hari Sabtu tanggal 21/3/2015 pukul 14.48. Mirror : http://zone-h.org/mirror/id/23861530?zh=1

Dari keterangan admin klasemenjkt48.com mengungkapkan bahwa mereka tidak mengetahui dari celah mana atau dengan cara apa sekelompok orang tersebut bisa memasuki tanpa izin system klasemenjkt48. Yang admin tahu adalah sekelompok hacker tersebut berhasil menyusupkan beberapa file di server klasemen.

Melalui surat terbuka yang dibuat oleh para admin dan selaku developernya menyatakan bahwa project-project klasemenjkt48 dan lain-lain dihentikan atau ditutup karena banyaknya kesibukan dan ketidak mampuan admin untuk mengurusnya. Selain itu dari pihak Admin sendiri mengakui bahwa mereka tidak terlalu mengerti security dalam suatu web sehingga peretasan tersebut pun terjadi, dan agar tidak terjadi lagi hal yang sama, maka projek itu pun ditutup.

Dari pihak Komunitas JKT48-Cyber Team pun membenarkan atas terjadinya tindak peretasan yang mengatasnamakan teamnya tersebut. Menurut Nabilaholic404 selaku Founder dari JCT mengemukakan bahwa tindakan dihentikannya project klasemenJKT48 itu sangat berlebihan serta apa yang termaksud dalam Surat Terbuka yang mereka layangkan, hanya bersifat memojokan JCT seolah-olah project klasemenjkt48.com ditutup atas ulah JKT48-Cyber Team.

“Awalnya pihak kami gak mau memperpanjang masalah dengan memilih diam, tapi kenyataannya masih banyak yang gagal paham .Sebelumnya mas mas developer Klasemen JKT48 buat tulisan yang agak memojokkan kami di Google Docs”. Ketusnya.

Informasi lain yang kami dapatkan diketahui bahwa Kronologi atas peristiwa peretasan itu dilakukan seseorang dengan cara menggunakan metode SQL injection, dimana si penyerang kemudian mendapatkan username dan password FTP sehingga bisa lakukan login melalui ftp client dan mendapatkan akses penuh terhadap isi data dalam server tersebut.

Nabilaholic juga menambahkan bahwa admin dan para developer dari Project KlasemenJKT48 yang merasa pernah kuliah di kampus ternama itu terlihat tidak terima, mungkin merasa malu dan gengsi karena web yang dibuatnya telah berhasil di jebol oleh anak SMA. “Sayangnya mas mas dari Reupload gengsi sih jadi milih gulung tikar daripada nanya bug nya dimana”. ungkap beliau.

“Sebenarnya web kena hack itu wajar, dan itu resiko sebagai Webmaster / Admin. Kalau sekiranya web jebol sekali aja langsung marah-marah, mending gak usah build web!” Tegasnya lagi.

 


LEAVE A REPLY

19 + 15 =