Home Cyber Attack Lebih dari 900,000 aplikasi Android palsu ditemukan di Google Play

Lebih dari 900,000 aplikasi Android palsu ditemukan di Google Play

747
0
SHARE

Pengguna smartphone Android menggunakan Google Play biasanya untuk men-download atau membeli berbagai aplikasi untuk smartphone mereka, tetapi apakah Google menjamin bahwa setiap aplikasi pada Google Play adalah asli dan tidak ada spam atau malware di dalamnya? Jawabannya adalah TIDAK.

Menurut sebuah studi baru-baru ini oleh perusahaan keamanan perangkat lunak Trend Micro di Jepang telah menemukan lebih dari 900.000 aplikasi palsu di Google Play Store dipercaya.

Aplikasi ini digunakan untuk mencuri informasi keuangan pribadi Anda atau sebagai layanan iklan.

Aplikasi terlihat seperti asli, dan mengklaim sebagai aplikasi tersebut adalah asli. ia akan meminta untuk beberapa izin yang memungkinkan aplikasi palsu tersebut untuk mencuri informasi pribadi atau juga menggunakan smartphone Anda untuk beberapa tujuan ilegal.

Perusahaan meneliti tentang “50 Google Apps teratas” di Play Store dan menemukan ada sekitarĀ  77 persen dari aplikasi versi palsu, dengan cerdik menyamar dan bertindak seperti aplikasi sungguhan tetapi sarat dengan kode berbahaya (malware).

“Contoh terbaru dari aplikasi antivirus nakal yang dikenal sebagai “Virus Shield” menerima rating bintang-4.7 telah diunduh lebih dari 10.000 kali, terutama dengan bantuan bot,” kata Trend Micro dalam laporannya.

Aplikasi tersebut kini telah dihapus oleh Google setelah beberapa hari, tetapi sebelum ribuan pengguna tertipu dan bahkan menjadi “top aplikasi berbayar baru” di Play Store. Trend mengatakan itu sangat “membingungkan” bagaimana aplikasi tersebut mencapai status “top” di Playstore.


LEAVE A REPLY

8 − two =