Home Wordpress Kesalahan fatal saat menggunakan wordpress

Kesalahan fatal saat menggunakan wordpress

764
0
SHARE

Ketika kita baru saja membuat sebuah blog WordPress, dan bersemangat untuk mempublikasikan postingan sebanyak-banyaknya. tetapi tidak tahu bagaimana untuk mengamankan itu.

Di bawah ini, saya akan membahas tentang beberapa kesalahan  security  ketika menginstal dan menggunakan WordPress. Coba di cek kembali blognya, apakah ada melakukan kesalahan-kesalahan berikut ini, dan jika ada sebaiknya dilakukan perbaikan untuk mencegah terjadinya peretasan pada situs anda.

1. Penggunaan passwod yang lemah

Membuat password yang kuat adalah langkah pertama untuk membuat program apapun menjadi aman, dan tidak terkecuali aplikasi WordPress . Jika Anda menggunakan password yang mudah ditebak atau password yang sama untuk semua seperti e-mail, forum, rekening bank, dan bahkan pada blog WordPress yang anda miliki, maka blog WordPress Anda akan rentan terhadap serangan para peretas.

2. Tidak memperbaharui instalasi Wordress, tema, dan Plugin

Apakah Anda selalu mengupdate instalasi WordPress Anda, tema dan plugin secara teratur? Jika Anda memiliki versi lama yang saat ini anda gunakan, maka  blog wordpress Anda beresiko terhadap serangan hacker. Setiap Program-program atau aplikasi pada wordpress selalu diperbaharui secara berkala untuk memperbaiki lubang keamanan selain itu untuk menambahkan fitur baru atau memperbaiki masalah-masalah lain yang mungkin mereka miliki. Jika Anda belum melakukan pembaruan instalasi WordPress, tema dan plugin, sebaiknya lakukannya secara teratur, setidaknya sekali seminggu.

3. Tidak menghapus Meta widget dari sidebar

Secara default, WordPress menginstal beberapa widget ke sidebar blog Anda. Widget META adalah salah satunya. Widget ini berisi link untuk melakukan login dan logout dari Dashboard WordPress. Dengan begitu, jika widget ini tetap berada di sidebar maka memudahkan hacker untuk menemukan halaman login. Sebaiknya gunakan trick khusus untuk menyembunyikan halaman login tersebut.

4. Tidak melakukan Backup data wordpress dan database

Proses bakckup data pada web itu merupakan hal yang paling penting untuk mencegah kehilangan data web jika terjadi hal atau masalah yang tidak terduga. jika timbul maslah pada web atau servernya, kita hanya perlu melakukan restore data web yang sebelumnya sudah kita backup tanpa harus memulai dan membangun web dari awal lagi. Sebaiknya lakukan backup secara teratur. setidaknya seminggu sekali ataupun 1 bulan sekali.

Saya rasa cukup itu saja hal hal yang harus diperhatikan. memang terlihat remeh, tapi kesalahan terseebut masih selalu dilakukan setiap orang termasuk saya sendiri.. hhehehe 😀


LEAVE A REPLY

8 + 14 =