Home Malware Kenali Gejala Komputer yang Terinfeksi Virus Ganas

Kenali Gejala Komputer yang Terinfeksi Virus Ganas

1202
0
SHARE

Kenali Gejala Komputer yang Terinfeksi Virus Ganas –┬áJika komputer sudah terinfeksi virus ganas ataupun malware, sangat sulit sekali untuk mengenali gejala-gejalanya. Tanda keberadaan virus tersebut sulit terdeteksi, bahkan beberapa antivirus tidak menyadari keberadaannya.

Kode-kode spesial yang dibuat oleh virus creator untuk mendapatkan ciptaan yang terbaik sehingga sangat susah terlacak. Dengan begitu virus-virus tersebut dapat dengan mudahnya menyebar ke jaringan dan komputer dengan cepat tanpa terdeteksi.

Namun tidak perlu takut, sebab ada tanda-tanda khusus yang dapat menunjukkan bila komputer Anda sedang diserang virus ganas. Berikut empat tanda khususnya.

1. Beberapa program Windows tidak bisa diakses

Virus yang dibuat secara spesial seringkali dibekali dengan kemampuan untuk menonaktifkan program yang bisa membuatnya terlihat. Sebut saja Windows Update, Task Manager, antivirus, System Restore, dan lain-lain.

Ketika Anda mengalami kegagalan ketika mengupdate Windows, Anda bisa mulai curiga di komputer Anda terdapat virus berbahaya.

2. Penurunan performa secara tiba-tiba

Apabila di pagi hari Anda menemukan komputer terasa sangat lambat padahal sebelumnya lancar, terdapat kemungkinan bila virus sedang bergerilya di dalamnya.

Hal ini juga terlihat dari banyaknya pemakaian RAM padahal Anda tidak membuka banyak program. Anda juga harus curiga saat ada banyak aplikasi misterius yang berjalan di background komputer.

3. Muncul toolbar misterius di browser

Saat online banyak pengguna yang tidak sengaja menginstal aplikasi yang akan menambahkan toolbar baru di aplikasi browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. Bahkan, toolbar itu kerap menggantikan Google sebagai mesin pencari utama di Chrome.

Jika toolbar tersebut ternyata tidak bisa dihilangkan atau di nonaktifkan, itu adalah tanda komputer Anda terinfeksi virus.

4. Banyak data hilang atau ter’hidden’

Banyak virus berbahaya yang dirancang untuk menghapus dan menyembunyikan data-data penting milik pengguna. Dalam beberapa kasus, data-data itu bisa dikirimkan pada si pembuat virus saat komputer terkoneksi dengan internet.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengatur Windows untuk menampilkan semua file, baik yang ter-hidden sekalipun. Dengan begitu Anda lebih mudah melihat jika tiba-tiba ada banyak data yang hilang atau disembunyikan.


LEAVE A REPLY

one × four =