Home Teknologi Jepang Kembangkan Elevator Menuju Luar Angkasa

Jepang Kembangkan Elevator Menuju Luar Angkasa

1244
1
SHARE

Jepang Kembangkan Elevator Menuju Luar Angkasa – Kini, sebuah perusahaan Jepang telah mengumumkan akan membangun sebuah elevator menuju luar angkasa.

Tangga ke luar angkasa tak hanya di ranah fiksi ilmiah saja. Namun kini akan jadi kenyataan. Sebuah perusahaan Jepang telah mengumumkan rencana pembangunan elevator atau tangga berjalan luar angkasa. Perusahaan tersebut adalah raksasa kontraktor Obayashi.

Elevator menuju luar angkasa tersebut akan siap untuk dioperasikan pada 2050. Jika rencana ini berhasil maka sebuah langkah revolusioner perjalanan luar angkasa serta berpotensi meningkatkan perekonomian global.

Obayashi mengatakan, mereka akan membangun elevator luar angkasa dengan ketinggian 96.000 kilometer. Sistem robotik bertenaga motor magnetik linear dapat membawa sejumlah orang ataupun kargo menuju stasiun luar angkasa, hanya akan membutuhkan waktu tujuh hari perjalanan untuk sampai ke sana.

Perusahaan mengatakan bahwa fantasi yang tampak mustahil ini akan terealisasikan karena adanya karbon nanoteknologi. “Daya tarik [karbon nanoteknologi] ribuan kali lebih kuat dibandingkan kabel yang selama ini ada,” kata Yoji Ishikawa, peneliti dan manajer pengembangan di Obayashi.

Ishikawa mengaku bahwa saat ini belum dapat membuat kabel yang cukup panjang, tapi ia berkeyakinan tahun 2030 semua semakin siap.

Penelitian internasional di tahun 2012 menyimpulkan bahwa elevator luar angkasa bisa dibangun tapi paling baik diwujudkan dengan kerja sama internasional dan hal ini disepakati oleh Yoji Ishikawa.

Saat ini seluruh universitas di Jepang tengah bekerjasama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tiap tahunnya universitas melakukan kompetisi sehingga ilmu dapat dibagikan dan belajar dari peserta lainnya.

Sebuah tim di Universitas Kanagawa telah bekerja membangun kendaraan robotik atau pendaki robotik.

Profesor Tadashi Egami mengatakan, ketegangan pada kabel akan bervariasi bergantung pada ketinggian dan gravitasi. “Kami sedang mempelajari mekanisme terbaik yang dibutuhkan dalam proses pengreman pada suatu ketinggian,” urai Egami.

Beberapa ahli berpendapat inovasi elevator ke luar angkasa merupakan salah satu langkah untuk meninggalkan penggunaan roket yang sangat mahal dan juga berbahaya karena dengan roket harus menggunakan tenaga nuklir.

Menggunakan pesawat ulang-alik untuk membawa kargo ke luar angkasa dibutuhkan biaya sekitar US$22.000 per kilogram. Sementara untuk elevator luar angkasa, perkiraan biaya sekitar US$200.

Maka rencana pembangunan elevator luar angkasa ini disambut baik berbagai pihak.

Jangan lupa, wisata luar angkasa pun sangat mungkin berkembang. Obayashi tengah membangun sejumlah kendaraan yang akan membawa 30 orang ke lift luar angkasa tersebut, sehingga—mungkin tak terlalu lama lagi—Bulan akan menjadi destinasi wajib berikutnya bagi para pelancong.

Sumber : Nationalgeographic.co.id | Jepang Kembangkan Elevator Menuju Luar Angkasa

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

18 + 12 =