Home Cyber Crime Hukuman penjara seumur hidup untuk para hacker

Hukuman penjara seumur hidup untuk para hacker

1446
0
SHARE

Aksi cyber crime kini kian menghakhawatirkan. Setiap harinya muncul beragam kasus tindak peretasan yang terjadi di dunia yang dilakukan para Hacker. Meskipun telah ada undang-undang yang diberlakukan di setiap negara, namun tak membuat para Hacker jera untuk tidak melakukan aktivitas kriminal mereka. Hal inilah yang memicu Ratu Inggris memberikan ultimatum untuk melawan aksi cyber crime tersebut.

Melalui pidatonya, Ratu Elizabeth II menyatakan bahwa setiap hacker yang secara sengaja melakukan serangan cyber yang berdampak pada keamanan negara, melukai atau membawa korban jiwa akan mendapatkan hukuman penjara seumur hidup untuk para hacker tersebut. Hukuman ini juga berlaku untuk para teroris dunia maya.

Dalam undang-undang tentang penyalahgunaan komputer yang disahkan pada tahun 1990, bahwa hukuman yang diberikan untuk para peretas yang menyebabkan kekacauan di bidang ekonomi maupun sosial hanya mendapatkan pidana kurungan maksimal 10 tahun saja. Dengan berlakunya aturan baru berlandaskan pidato Ratu tersebut, sanksi kurungan yang dijatuhkan bisa mencapai 14 tahun.

Dengan munculnya wacana ini tentu menimbulkan banyak pro dan kontra. Beberapa perusahaan melayangkan komplain atas perturan baru perundang-undangan yang masih dalam wacana ini. Menurut pendapat mereka peraturan terkait tindak cyber crime di Inggris terbut hanya akan membuat dunia maya menjadi tidak aman.

Meskipun aturan perundangan yang baru ini masih dalam wacana, tapi tentu akan berpengaruh bagi para hacker di inggris terkait tindak kriminal yang sering mereka lakukan di dunia maya. Tentu saja mereka akan berpikir ulang atas apa yang akan mereka lakukan.


LEAVE A REPLY

eighteen + three =