Home Cyber Attack Hacker ISIS Targetkan Serangan Ke Penerbangan, Hospital dan Reaktor Nuklir

Hacker ISIS Targetkan Serangan Ke Penerbangan, Hospital dan Reaktor Nuklir

1946
0
SHARE

Hacker ISIS Targetkan Serangan Ke Penerbangan, Hospital dan Reaktor Nuklir – Serangan Cyber yang dilakukan oleh kelompok Hacker ISIS terhadap jaringan TV Prancis, TV5 Monde, beberapa waktu yang lalu membuat pemerintah Inggris khawatir. Ini disebabkan karena kemampuan serangan cyber mereka yang bisa saja memiliki dampak dengan potensi sangat krusial terhadap infrastruktur nasional.

Dalam pidatonya yang disampaikan di Markas Komunikasi Pemerintah (GCHQ) di Cheltenham, Kanselir George Osborne mengatakan bahwa dampak potensial dari serangan cyber oleh ISIS dapat diukur bukan hanya dalam hal kerusakan ekonomi tetapi nyawa manusia.

ISIS telah menggunakan Internet dan media sosial khususnya, bukan hanya sebagai cara yang sangat efektif untuk menyebarkan propaganda tapi juga melakukan upaya tindak peretasan yang amat ampuh dan canggih.

Ancaman serangan cyber yang ditargetkan terhadap infrastruktur nasional bisa terjadi kapan saja. Infrastruktur seperti pipa minyak dan gas, jaringan listrik, pembangkit listrik tenaga nuklir, rumah sakit, bandara dan banyak lagi yang saat ini pada umumnya sudah banyak dijalankan oleh komputer .

Osborne juga menambahkan pada saat banyak orang yang menggunakan Internet untuk meningkatkan kebebasan dan memberikan ekspresi nilai-nilai kreativitas, tapi mereka (ISIS) menggunakannya untuk kejahatan.

“ISIS sudah menggunakan internet untuk tujuan propaganda mengerikan; untuk radikalisasi, juga sebagai perencanaan operasional. Namun Mereka belum bisa menggunakannya untuk membunuh orang dengan menyerang infrastruktur kami melalui serangan cyber”. Ungkapnya.(IBTimes)


LEAVE A REPLY

three × two =