Home Cyber Attack Google Diretas, Lima Juta Password dan Username Gmail Bocor

Google Diretas, Lima Juta Password dan Username Gmail Bocor

926
0
SHARE

Indonesiancyberarmy.com, California – Sekitar lima juta password dan username Gmail pengguna diseluruh dunia dilaporkan bocor di forum internet milik rusia bernama Habrahabr. Google mengklaim kejadian itu bukan karena ada pihak-pihak tertentu yang ingin menyerang mereka.

Google membantah bahwa perkara itu adalah hasil serangan yang ditujukan untuk perusahaan. Google juga menjelaskan, pengguna tidak perlu khawatir karena menurut data perusahaan, sekira dua persen atau 100 ribu username dan password yang bocor itu tidak cocok dengan ID asli pengguna.

“Salah satu realitas disayangkan dari internet saat ini adalah fenomena yang dikenal di kalangan keamanan internet sebagai ‘credential dump’, alias  memposting  username dan password di web,” tulis Google dalam sebuah keterangan di blog-nya seperti dikutip Pcauthority, Jumat (12/9/2014).

Google juga menyatakan, perusahaan selalu memantau “dump” ini sehingga mampu merespon dengan cepat untuk melindungi pengguna.

“Kami telah melindungi account yang terkena dan mengimbau para pengguna untuk me-reset password mereka,” sambung Google

Google mendesak pengguna untuk menggunakan password yang unik  dan kuat pada setiap situs, serta dan menggunakan dua faktor sistem otentikasi.

Dengan mengaktifkan ‘two-factor authentication system’, akan dikirimkan kode ke ponsel pengguna setiap kali mereka mencoba untuk login dari perangkat baru, untuk mencegah account mereka disalahgunakan.

Sumber : Okezone | Google Diretas, Lima Juta Password dan Username Gmail Bocor


LEAVE A REPLY

sixteen − 12 =