Home Malware Gejala Umum Perangkat Android yang disusupi Malware

Gejala Umum Perangkat Android yang disusupi Malware

853
1
SHARE

Banyaknya perangkat Android yang digunakan saat ini, memberikan pengaruh terhadap perhatian para pelaku kriminal dunia maya. Itu terlihat dari perkembangan malware dan virus yang terus meningkat dan menjadikan Android sebagai sasaran mereka dalam melakukan setiap aksinya.

Berdasarkan hasil survey tahun 2013 lalu yang diprakarsai oleh perusahaan keamanan komputer Trend Micro, 1 dari 10 perangkat Android ditemukan telah terinfeksi malware. Jumlah tersbut diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan modus dan jenis malware yang tersebar.

Malware dibuat sedemikian berbahaya tidak hanya merusak performa Android. Namu bisa juga digunakan sebagai alat untuk mencuri data – data pribadi dari penggunanya yang ada pada perangkat Androidnya. Yang lebih berbahaya lagi bahwa saat ini ada banyak malware yang berjenis “Botnet” yang bisa dikendalikan oleh para pembuatnya dari jarak jauh untuk melakukan perintah dari sang Hacker tersebut.

Berikut adalah gejala yang menunjukkan jika perangkat Android Anda telah terinfeksi malware jahat:

1. Boros paket data internet

Malware umumnya akan mengarahkan anda ke situs-situs promo yang tidak jelas. Hal ini menyebabkan paket data internet anda cepat habis. Di beberapa kasus menyebutkan bahwa sebuah malware mampu mengirimkan pesan SMS ke kontak yang ada di ponsel anda yang artinya pulsa anda akan cepat terkuras abis.

2. Performa terasa lambat

Malware biasa berjalan di latar belakang perangkat Android anda yang tidak memungkinkan secara mudah terindentifikasi seperti aplikasi lainnya. Meskipun tidak terlihat, tapi perangkat Android anda terus tetap bekerja meski anda sedang tidak melakukan apapun terhadap smartphone Android anda. Hal ini menyebabkan performa pada perangkat Android anda prosesnya akan terasa lambat.

3. Baterai Boros

Perangkat yang terus menerus bekerja, dan performa yang kurang baik akan menyebabkan penggunaan arus yang berlebihan, sehingga baterai perangkat android akan terasa cepat habis.

4. Panggilan telfon sering terputus

Malware juga mampu mempengaruhi koneksifitas jaringan seluler, sehingga akan menyebabkan terganggunya aktivitas pengiriman dan penerimaan data pada perangkat android.


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

6 + eight =