Home Malware Fobus, Malware yang Menyamar jadi Adblock Plus

Fobus, Malware yang Menyamar jadi Adblock Plus

1366
0
SHARE

Fobus merupakan nama malware berbahaya yang disinyalir menyamar sebagai aplikasi Adblock Plus di Android. Malware fobus ini telah menyebar dan akhir-akhir ini pembuat malware selalu menjadikan pengguna Android sebagai sasaran utama, karena Android memang merupakan platform yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Perusahaan Kemanan dan Antivirus Avast mengungkapkan bahwa telah teridentifikasi sebuah aplikasi jahat dengan jenis varian baru layaknya Spyware yang disebut Fobus. Jika aplikasi jahat ini telah terinstall di perangkat Android, maka akan sulit untuk menghapusnya.

Meskipun menyerupai aplikasi Adblock Plus, namun malware ini tentunya tidak memiliki kemampuan untuk memblokir iklan seperti Adblock Plus. Selain itu Fobus ini sangat licik dengan dilengkapi sistem pertahanan yang cukup kuat agar menyulitkan pengguna saat akan menghapus aplikasi tiruan tersebut.

“Fobus memiliki penerima yang memeriksa panggilan di device_admin_disable_request. Saat pengguna mencoba untuk menonaktifkan administrator perangkat, receiver ini menangkap permintaan dan memaksa perangkat untuk mengunci layar dengan panggilan ke fungsi Lock Now. Fungsi ini mencegah pengguna dari mengkonfirmasikan penonaktifan,” kata Jan Sirmer dari Avast.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (16/01/2015), Avast mengatakan bahwa untuk menghapus malware Fobus diperlukan aplikasi keamanan buatan pihak ketiga, yakni antivirus. Untuk itu pengguna diharapkan agar lebih berhati-hati dalam memilih dan memasang aplikasi di perangkat Android, dan sebaiknya mendownload aplikasi terpecaya hanya di Google Playstore.


LEAVE A REPLY

5 × five =