Home Peristiwa Fatwa MUI: Jilboobs Haram

Fatwa MUI: Jilboobs Haram

1003
0
SHARE

Fenomena jilboobs atau wanita yang mamakai jilbab tapi memperlihatkan kemolekan tubuhnya manjadi sorotan banyak kalangan saat ini. Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan mengharamkan jilboobs.

“Sikap MUI tegas, tidak boleh menggunakan baju yang terlalu ketat, sensual, sehingga bentuk tubuhnya terlihat,” kata Wakil Ketua MUI, Maruf Amin, seperti yang dilansir oleh Dream.co.id.

Menurut Maruf, jilboobs termasuk model pakaian yang dilarang oleh ajaran Islam. Sebab, meski menutupi kepala, para perempuan itu justru menonjolkan lekukan-lekukan tubuhnya.

“Itu masuk bagian yang dilarang. Sudah ada fatwa pornografi, itu termasuk dalam fatwa itu, haram,” ujar Maruf.

Maruf mengatakan, MUI menghargai para muslimah yang sudah berjilbab. Namun, hendaknya para muslimah yang berjilbab itu tidak lagi mengenakan busana yang terlalu ketat, sehingga memperlihatkan lekuk tubuh mereka.

Fenomena jilboobs ramai diperbincangkan di media sosial. Foto-foto yang menampilkan perempuan berhijab, namun mengenakan pakaian ketat, banyak diunggah ke dunia maya.

Menurut desainer dan enterpreuneur, Temi Sumarlin, ‘jilboops’ bukanlah fenomena baru. “Sejak saya masih sekolah pun sudah ada. Kalau sekarang ramai mungkin karena mulai bermunculan juga di media sosial,” kata Temi.

Namun, tambah Temi, fenomena ini harus dijadikan para pengguna jilbab untuk berbenah diri. “Kita harus tahu lebih dalam dulu tentang komunitas itu,” kata dia.

“Apa ada oknum yang memang menyindir? Atau itu kumpulan orang yang memang belum mengerti soal jilbab? Jangan men-judge mereka dulu, semua orang itu butuh proses,” tambah Temi.


LEAVE A REPLY

five × three =