Home Cyber Attack Cara Mengatasi serangan Malware Gadis Mabuk di Facebook

Cara Mengatasi serangan Malware Gadis Mabuk di Facebook

3091
0
SHARE

Beberapa waktu ini jagad sosial media Facebook dihebohkan dengan munculnya sebuah malware “Gadis Mabuk yang menyerangkan pengguna dengan cara menyebarkan link ini. Hingga saat ini masih banyak pengguna Facebokk yang terkena serangan malware ini. Umumnya mereka yang penasaran dengan isi dari link yang sengaja disebarkan tersebut.

Menurut perusahaan keamanan jaringan Vacsincom, tim keamanan facebook tidak bisa berbuat apa-apa karena malware tersebut tidak memanfaat kan aplikasi facebook sendiri. Malware ini mneyebarkan diri melalui sebuah extensi pada aplikasi browser yang ada diperamban.

Diketahui bahwa si cybercrime melakukan serangan malware gadis mabuk ini dengan cara membuat extension khusus untuk Google Chrome, dengan nama Atas Berita. Tak lama kemudian stelah jejaknya berhasil di endus, si pembuat juga melakukan aksinya ke berowser Mozilla Firefox. Di Mozilla (Firefox), ‘hama’ ini tertanam di add-ons dengan nama Fullscreen 4.0.

Nah, malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware “gadis mabuk” di wall Facebook. Lalu bagai mana cara mengatasi serangan Malware Gadis Mabuk di Facebook?

Khusus bagi pengguna peramban Firefox, jika terlanjur jadi korban, Vaksincom menyarangkan untuk melangkah langkah-langkah ini:

1. Buka peramban Firefox / Chrome
2. Ketik “about:addons” di bagian kotak “Go to a website” untuk Firefox dan chrome://extensions/ untuk browser Chrome. Setelah diketik, akan terbuka halaman extension.
3. Cari extension “Full Screen 4.0” / “Atas Berita” dan klik tombol remove.
4. Akan ada konfirmasi “Full Screen has been removed”. Kemudian, restart browser Firefox dan Chrome.
5. Untuk menghindari pencurian informasi dari akun Facebook, segera ubah password Facebook.


LEAVE A REPLY

nine − 5 =