Home Sistem Operasi Windows 7 Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 Dengan WinToFlash

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 Dengan WinToFlash

480
0
SHARE

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7 Dengan WinToFlash – Ada kasus-kasus dimana ketika ingin melakukan install Windows 7 pada komputer PC ataupun Notebook dimana perangkat CD/DVD tidak bekerja ataupun tidak tersedia sama sekali.

Jika anda memiliki perangkat Netbook pasti anda tidak akan menemukan yang namanya media CD/DVD didalamnya. Namun saat ini anda tak perlu khawatir lagi, karena masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk melakukan install windows tanpa media CD/DVDyaitu dengan perangkat flashdisk. Bagi anda pengguna Netbook yang memang tidak dilengkapi dengan DVD ROM, tentu mengisntall Windows melalui Flashdisk USB merupakan pilihan utama.

Disini Kami akan menunjukkan bagaimana cara membuat Bootable Flashdisk Windows 7 Dengan WinToFlash yang biasanya untuk bootable Windows pasti menggunakan CD/DVD. Namun penggunaan flashdisk untuk install Windows saat ini menjadi sangat penting mengingat jika memang tidak tersedianya media CD/DVD apalagi jika tidak memiliki DVD Eksternal.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

1. Silahkan Download Novicorp WinToFlash

2. Jalankan aplikasi Novicorp WinToFlash lalu klik gambar “Ceklis”

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

3. Selanjutnya muncul jendela wizard, kemudian klik “Next”

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

4. Disini kita akan menentukan pilihan USB Drive serta source master Windows 7 yang akan digunakan, bisa langsung via DVD ataupun menggunakan file ISO jika anda memiliki Windows 7 yang sudah dimount menjadi ISO.

Screenshot_4_new

Windows File Path, disini saya menggunakan file ISO karen prosesnya lebih cepat dibandingkan harus dibaca langsung melalui DVD Rom.

USB Drive, pada bagian ini secara otomatis USB Flashdisk akan terbaca, namun jika belum silahkan klik “Refresh”.

Setelah itu, klik “Next” untuk melanjutkan. Lalu klik Continue jika muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah:

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

5. Pilih “I do accept the terms of the licience agreement” lalu klik Continue.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

6. Proses pembuatan Flasdisk Bootable sedang berjalan, silahkan tunggu sampai 100%.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

7. Jika sudah selesai, kemudian klik Next, lalu klik Exit

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7

Setelah semua proses berjalan tanpa ada masalah, berarti selanjutnya anda bisa gunakan untuk install windows dengan flashdisk yang baru saja dibuat tadi.

Jangan lupa ya sobat, saat akan melakukan install Windows 7 dengan menggunakan flashdisk, terlebih dahulu mengubah settingan pada BIOS agar saat boot pertama membaca USB Flashdisk. Untuk masuk kedalam BIOS  biasanya pada beberapa vendor ada perintah untuk menekan tombol keybord seperti “Del” pada PC dan F2 dan F10 pada laptop/netbook.Semoga bermanfaat!


LEAVE A REPLY

12 + 2 =