Home Teknologi BitCoin, Mata Uang Anonim

BitCoin, Mata Uang Anonim

976
0
SHARE

indonesiancyberarmy.com_BitCoin? mungkin ini masih terdengar asing di telinga beberapa kalangan. penjelasan singkat mengenai BitCon.

Bitcoin adalah mata uang anonim, Bitcoin bukan uang sebenarnya. Itu hanya sebuah mata uang online –virtual token yang bisa ditukar dengan barang dan jasa di tempat-tempat tertentu yang menerimanya. Sama seperti dollar atau euro, hanya saja ia tidak memiliki nomor seri layaknya mata uang konvensional

Bitcoin bersifat virtual, bisa di dapatkan dengan proses yang di sebut mining . sebuah aplikasi yang dapat memproses Bitcoin dengan waktu yang sangat lama. Ketika sejumlah koin baru siap, mereka akan didistribusikan kepada siapapun yang memiliki kekuatan computing tertinggi dalam proses mining. Sistem ini dibatasi sehingga tidak akan ada lebih dari 21 juta Bitcoins yang ada di dunia ini.

Bitcoin
menggunakan hashcash sebagai proof-of-work selama
pemprosesan  bitcoin terjadi. Nilai terkecil bitcoin dinamakan satoshis, merupakan satuan angka dengan kelipatan 1×10-8; 1×10-3 disebut uBTC (microcoin), 1×10-3 disebut mBTC (millicoin), dan 1 disebut BTC . Bitcoin bisa dikonversasi ke uang nyata.  Anda bisa menukar Bitcoin  dengan  mata uang nyata.  Dan saat ini, perdagangan Bitcoin sedang melambung , 1 BTC  setara nilainya dengan $7.50 bahkan bisa mencapai $250.

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin
Kelebihan yang tidak bisa dipungkiri dari Bitcoin adalah sistem ini tidak berhubungan langsung dengan dunia nyata, hal ini menyebabkan keadaan politik tidak dapat merugikan lingkungan Bitcoin secara signifikan.
Bitcoin juga tidak terpengaruh oleh mata uang tertentu, karena penggunanya tersebar di berbagai tempat yang memiliki akses internet, sehingga nilainya cukup stabil.

Bitcoin juga memiliki kelemahan yang sangat jelas, yaitu sulit untuk melakukan transaksi dengan barang fisik secara langsung, karena pedagang yang menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pun cukup sedikit. Jalan keluar dari masalah ini adalah menggunakan jasa pertukaran mata uang.

Selain itu, masih ada kelemahan dalam keamanannya.Tempat pengguna menyimpan data bitcoin-nya, wallet, terancam disalah gunakan apa bila komputer yang memiliki akses dikuasai oleh pihak lain. Keamanan di Mt.Gox sendiri juga dapat menjadi masalah, karena pada Juni 2011 terjadi pembobolan sehingga username, email, serta pesan digest dari password dibocorkan.

Walaupun Bitcoin merupakan tempat yang cukup aman dan praktis, tentu tidak bisa menandingi mata uang konvensional yang menyediakan kecepatan dan diterima oleh sebagian besar masyarakat dan belum bisa tergantikan dengan mata uang digital.

[kkstarratings]


LEAVE A REPLY

2 × one =