Home Cyber Crime Benarkah Hacker Bisa Belokkan Pesawat?

Benarkah Hacker Bisa Belokkan Pesawat?

2214
0
SHARE

Hacker Bisa Belokkan Pesawat – Seorang hacker bernama Chris Roberts mengklaim mampu menyusup ke sistem komputer pesawat komersial, bahkan mengubah posisi pesawat saat sedang terbang di angkasa. Benarkah?

Roberts menyusup ke sistem pesawat melalui In Flight Entertainment System (IFE). Ia mengaku pernah melakukan hacking pada sistem IFE yang dibuat oleh Panasonic dan Thales. Dia melakukannya sekitar 15 sampai 20 kali di beberapa penerbangan pesawat komersial antara tahun 2011 sampai 2014.

Roberts mendapatkan akses pada sistem itu dengan menghubungkan laptopnya dengan box elektronik IFE di bawah kursi penumpang. Jika berhasil masuk, dia bisa mengakses sistem lain, termasuk Thrust Management Computer yang mengendalikan mesin

Roberts juga mengklaim bisa memasukkan kode di Thrust Management Computer itu saat terbang di sebuah pesawat dan pernah sukses mengontrol sistem mesin untuk menggerakkan pesawat. Dia mengklaim bisa membuat salah satu mesin pesawat naik. Sebagai akibatnya ada gerakan menyamping dari pesawat.

Saat ini, Roberts sedang diselidiki aparat dan komputernya disita. Tapi sepertinya klaimnya mulai diragukan. Seorang sumber aparat menyatakan bahwa mereka tidak memiliki bukti yang kredibel bahwa Roberts benar-benar bisa melakukan aksi hacking canggih tersebut. Upaya semacam itu menurut mereka tak akan berhasil.

FBI saat ini telah menyita berbagai gadget milik Roberts untuk keperluan investigasi. Termasuk laptop MacBook Pro, iPad, beberapa hardisk eksternal dan USB drives.

Pengakuan Roberts ini membuat para produsen pesawat terbang ikut angkat bicara. Mereka juga mempertanyakan klaim Roberts karena sistem komputer di pesawat sangat dilindungi.

Pihak Boeing menyatakan kalau komputer entertainment di pesawat memang menerima beberapa data dari komputer yang lain, tapi diisolasi dari sistem elektronik pesawat yang penting. Pesawat juga didesain dengan sistem back up dan hanya pilot yang bisa mengontrol penerbangan.

Sedangkan Airbus memberi pernyataan kalau sekuriti di pesawat didesain sangat ketat untuk mencegah serangan cyber. Sehingga kecil kemungkinannnya pesawat komersial bisa di-hack saat dalam penerbangan.

“Airbus memiliki sistem yang tangguh dan prosedur di pesawat kami untuk memastikan keamanan melawan serangan cyber yang potensial,” kata juru bicara Airbus, Anne Greczyn (Fino Yurio Kristo – DeyikINET)


LEAVE A REPLY

five × 5 =