Home Malware Awas Malware Selfie, Begini Caranya Hacker Mendapatkan Data Kartu Kredit

Awas Malware Selfie, Begini Caranya Hacker Mendapatkan Data Kartu Kredit

995
0
SHARE

Awas Malware Selfie, Begini Caranya Hacker Mendapatkan Data Kartu Kredit – Saat ini pembuat malware semakin kreatif saja dalam memancing korbannya supaya memaparkan informasi yang sangat rahasia dari para korbannya. Minggu ini telah ditemukan program berbahaya di Android yang dapat mengajak selfie.

Bukan hanya sekedar selfie, tetapi memfoto sendiri bersama kartu identitas pengenal seperti SIM, KTP, atau paspor untuk mengambil beberapa detail info personal sang korban.

Malware hasil temuan McAfee Labs Mobile Research Team ini berbentuk trojan yang menyamar sebagai video codec, plug-in flash, atau aplikasi dari website porno, seperti dirangkum Idca dari Gizmodo, Rabu (19/10/2016).

1146192malware780x390

Walau sebenarnya, beberapa jenis aplikasi diatas tak pernah melakukan verifikasi berbentuk photo si pengguna.

Selanjutnya, korban juga disuruh memberi beberapa informasi lain, seperti beberapa nomer kartu credit, dan beberapa nama anggota keluarga.

Baca Juga :  Gejala Umum Perangkat Android yang disusupi Malware

“ (Beberapa informasi itu) begitu bermanfaat untuk para penjahat cyber untuk mendapatkan informasi korban serta akses penting tidak cuma account bank, tetapi mungkin juga sosial media, ” catat McAfee dalam laporannya.

Baca Juga :  Kaspersky Bongkar Malware Penyadap Canggih NSA

Agar lebih memberikan keyakinan, si pembuat malware membuat malwarenya supaya terlihat seperti aplikasi dari Google Play.

Malware “selfie” ini adalah satu diantara varian baru dari trojan bank Android seperti Acecard atau Torec yang telah banyak di kenal.


LEAVE A REPLY

4 + thirteen =