Home Internet Awas, iklan ‘Doubleclick’ Google disusupi virus Trojan

Awas, iklan ‘Doubleclick’ Google disusupi virus Trojan

811
0
SHARE

Salah satu virus dari keluarga Trojan kemarin (19/09) diketahui menyusup di beberapa iklan Google. Otomatis, keberadaan virus tersebut membuat jutaan komputer di dunia terancam aksi hacking berskala global.

Menurut The Verge (19/09), peneliti asal Malwarebytes mengumumkan penemuan beberapa iklan Doubleclick Google yang sangat agresif. Iklan-iklan tersebut dituding dapat menonaktifkan peringatan yang terdapat di antivirus sebuah komputer dan menyerang beberapa sistem milik Malwarebytes.

Malwarebytes sendiri menemukan iklan yang diketahui mengandung virus Trojan ‘Zemot’ di beberapa portal berita seperti The Times of Israel dan The Jerusalem Post. Peneliti Malwarebytes, Jerome Segura, mengungkapkan bila virus Zemot itu masuk lewat server iklan Doubleclick Google dan agensi iklan Zedo.

Menanggapi peretasan dan persebaran virus Zemot, Google menyatakan bila pihaknya telah mengetahui aktivitas hacking tersebut dan tengah berusaha menghapusnya dari server mereka.

Segura menambahkan bila infeksi virus ini sudah dimulai sejak akhir bulan Agustus lalu. Setelah hampir satu bulan berlalu, Segura memprediksi bila saat ini terdapat jutaan komputer yang sudah diretas oleh virus Zemot.

Virus Zemot sendiri tidak akan langsung merusak sistem setelah infeksi, melainkan hanya membobol sistem dan membukakan jalan bagi virus berbahaya lain untuk masuk. Virus turunan Trojan ini lebih sering menyerang komputer dengan sistem operasi Windows XP. Namun, Zemot dinyatakan bisa menyerang komputer dengan OS modern berarsitektur x86 dan 64-bit.

Sumber : Merdeka.com


LEAVE A REPLY

3 × three =