Home Sains Asteroid Raksasa Seluas 1 Mil Menuju Ke Bumi

Asteroid Raksasa Seluas 1 Mil Menuju Ke Bumi

1170
0
SHARE

Mungkinkah Asteroid Raksasa ini Menabrak Bumi? Sebuah objek langit yang biasa disebut dengan Asteroid memiliki luas super yaitu sekitar satu mil akan meluncur menuju bumi pada 14 mei besok. Berdasarkan Near Earth Object milik badan antariksa NASA, asteroid ini akan berakibat sangat dahsyat jika menabrak bumi. Namun kabarnya asteroid ini hanya melintasi bumi dengan aman tanpa ada tabrakan atau gesekan yang berarti.

1999 FN53 yang merupakan kode nama untuk Asteroid ini ditemukan pada bulan Maret 1999 dan diperkirakan objek terbesar ini sedang melesat mengarah ke bumi dengan kecepatan hampir 14 kilometer per detik dengan jarak 10juta kilometer. Sementara itu masih banyak lagi benda lain yang mendekati bumi, namun ukurannya tidak lebih besar dari objek Asteroid 1999 FN53. Hal ini telah mendorong spekulasi mengenai apa yang akan terjadi jika sebuah asteroid bertabrakan dengan bumi.

“Ini pasti akan menyebabkan kematian sekitar 1,5 miliar orang, kita melihat kepunahan massal kemanusiaan, “kata Bill Napier, profesor astronomi di Universitas Buckinghamshire.

Namun tidak ada yang perlu dipanikkan atas prediksi tersebut. Karena tidak ada indikasi bahwa 1999 FN53 akan menabrak bumi bahkan mendekati bumi. Ha ini mungkin bisa terjadi dengan perbandingan 1:9.000.000 dari perkiran NASA Near Earth Objects yang berisi daftar objek yang mendekati bumi.

Jika Anda bertanya-tanya apa yang akan terjadi seandainya Asteroid menabarak bumi? indikasi yang akan terjadi seperti halnya pada bulan Februari 2015, ketika bolide hanya 20 meter di seberang meledak di atmosfer di atas kota Rusia. Ledakan itu adalah 500 kiloton kuatnya, yang 20 sampai 30 kali lebih kuat dari bom yang dijatuhkan di Hiroshima. Sementara tidak ada yang tewas, gelombang kejut itu hanya menghancurkan jendela dan bangunan mengalami kerusakan serta menyebabkan cedera pada 1.500 orang. Sumber: sciencetimes.com


LEAVE A REPLY

seventeen − three =