Home Teknologi Militer 7 Kapal Perang Indonesia Siap Hadang Armada China di Laut China Selatan

7 Kapal Perang Indonesia Siap Hadang Armada China di Laut China Selatan

2070
0
SHARE

7 Kapal Perang Indonesia Siap Hadang Armada China di Laut China Selatan – Memanasnya Laut China selatan akibat klaim china atas wilayah tersebut berserta pulau yang berada didalamnya termasuk pulau Natuna yang masih menjadi bagian dari NKRI. Kondisi ini memaksa TNI mengirimkan tujuh Kapal Perang untuk menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman China.

Selain pengiriman Kapal perang, TNI juga meningkatkan intensitas patroli udara dengan pesawat tempur yang diberangkatkan dari Lanud Pekanbaru. Pengerahan armada tempur ini bertujuan untuk memberikan deterrent effect kepada sejumlah negara yang mengklaim perairan tersebut bagian dari wilayahnya termasuk China atas pulau-pulau di Natuna.

“Saat ini ada tujuh KRI (kapal perang) yang kita siagakan di sana (Natuna), ada juga pesawat udara patroli maritim,” terang Kadispenal, Laksamana Muda Muhammad Zainuddin. Ia menambahkan bahwa kapal perang tersebut telah berada dipangkalan Tanjung Pinang yang mana merupakan pangkalan terdekat yang dimiliki TNI AL dengan Laut China Selatan.

Meskipun sejumlah negara Asia Tenggara melakukan protes keras atas aksi yang dilakukan negara tirai bambu tersebut, Namun China tetap menduduki pulau Spartly dan membangun pangkalan militer dengan mereklamasi tujuh pulau karang. Tak hanya sampai di situ, China kemudian memperluas peta wilayahnya dan memasukkan wilayah NKRI yang ada di Kepulauan Natuna sebagai wilayahnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana (pur) Marsetio mengatakan, penguatan armada tempur di kawasan Laut China Selatan sebagai hal yang mutlak dilakukan. “Di situ terdapat sumber energi yang besar,” ujarnya di Kantor Lemhannas, Jakarta. Menurutnya, persoalan energi akan menjadi sumber utama pertikaian antar bangsa di masa mendatang. Sebagai kawasan penyimpan energi, Laut China Selatan menjadi daerah yang rawan. “Perang tidak di eropa lagi, tapi di kawasan yang menyimpan energi,” ujarnya. Sumber: medansatu.com


LEAVE A REPLY

16 − 5 =